Tips Memilih Universitas atau Perguruan Tinggi

Advertisement
advertisement

Tips memilih Universitas atau Perguruan Tinggi. Anda yang berada di tingkat akhir atau baru saja  lulus dari SMA/SMK  mulai intens mempertimbangkan kelanjutan pendidikan Anda. Yang ada di benak Anda mungkin ke universitas atau perguruan tinggi mana yang akan Anda pilih.

Umumnya yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih Universitas atau Perguruan Tinggi:

1.    Bidang studi apa yang menjadi keinginan dan sesuai dengan bakat anda
Pikirkan dan pahami apa yang menjadi keinginan (minat) Anda. Anda ingin masuk ke jurusan apa. Kalau Anda sudah mengetahuinya, Anda akan lebih mudah memilih universitas. Hal tersebut bisa terjadi karena nyaris semua universitas memiliki spesialisasi jurusan masing-masing. Kalau Anda merasa kesulitan dalam memilih jurusan, ada baiknya Anda mendiskusikannya bersama orang tua atau bahkan teman seangkatan Anda. Berdiskusi dengan senior juga dianjurkan agar Anda mengerti enak atau tidaknya mendalami jurusan tersebut.

2. Universitas mana yang tepat dengan bidang studi yang Anda minati
Selidikilah terlebih dahulu perguruan tinggi yang ingin Anda masuki. Cek terlebih dahulu apakah jurusan yang ingin ambil di perguruan tinggi tersebut memiliki akreditasi yang baik atau tidak. Selidiki juga, apakah perguruan tinggi tersebut memiliki program kuliah yang baik atau tidak. Pikirkan juga, apakah prospek Anda setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut. Fasilitas yang disediakan juga perlu jadi faktor penentu. 

3. Bagaimana lingkungan kampusnya;

Lingkungan kampus dapat mempengaruhi keberhasilan studi Anda. Pikirkan jarak kampus dari rumah atau tempat tinggal Anda selama menjalani studi kelak. Tempat tinggal yang terlalu jauh dari sekitar kampus membutuhkan pengeluaran biaya, waktu, tenaga. Tentu ini menjadi salah satu poin penting yang harus Anda pertimbangkan. 

4. Taksiran biaya kuliah, dan biaya hidup selama kuliah.
Ada ungkapan, sebelum seseorang mendirikan rumah, ia duduk terlebih dahulu lalu mempertimbangkan biayanya, apakah ia dapat menyelesaikan rumah itu atau tidak. Sebelum Anda memilih sebuah universitas, ada baiknya Anda menyelidiki dan menghitung terlebih dahulu biaya-biaya yang harus dikeluarkan selama setahun. Tanyakan atau diskusikan dulu dengan orang tua Anda. Kalau Anda mengalami kesulitan biaya, tidak ada salahnya Anda meminta beasiswa ke perguruan tinggi yang Anda tuju.

Demikian tips memilih perguruan tinggi atau universitas. Barangkali ada hal lain yang menjadi pertimbangan Anda, dan ini dapat Anda cari lebih lanjut dari berbagai sumber. Di era digital ini, memilih perguruan tinggi yang ideal dan tepat atau yang sesuai dengan keinginan tidaklah sulit.
Advertisement
advertisement
Tips Memilih Universitas atau Perguruan Tinggi | Benny | 5

0 komentar:

Post a Comment